7 Kebiasaan yang Membuat Kita Cepat Pikun


kadang-kadang gw suka merasa kaya gini. inget sesuatu lupa 5 detik kemudian (WTF) itu hal yang sangat menyebalkan buat gw. suka dimarain nyokap gara-gara hal sepele kaya gitu.
yauda gw share deh ke orang-orang yang nasibnya sama.

1. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

2. Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

3. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.
(kalo yang ini sih gw bgt.. soalnya gw suka makanan manis, terus gw emg ga begitu pinter [oon] dan sering cepet lupa hahaha)

4. Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

5. Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

6. Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

7. Memikirkan banyak hal saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.

Gw kasih bonus nih..

ada tips cara mengatasinya..

1. Jadikan Olahraga sebagai kebutuhan dan rutinitas harian Anda.
Kita mengetahui bahwa dengan olahraga yang teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan membuat berbagai organ tubuh kita menjadi sehat. Dengan olahraga teratur, dapat memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke otak, sehingga kemampuan kerja otak akan semakin maksimal.

2. Hendaknya Anda membiasakan diri dengan tidur yang cukup.
Kelelahan dan stress membuat kita menjadi mudah lupa dan membuat fungsi otak tidak maksimal sehingga akan menurunkan daya ingat. Banyak informasi yang seharusnya bisa kita simpan di otak, namun karena posisi kita dalam kelelahan dan stress, maka informasi yang seharusnya kita simpan akan hilang begitu saja. Sehingga Anda harus membiasakan diri dengan tidur yang cukup agar fungsi otak kembali normal.
(ini penting bgt loh..)

3. Berhati-hatilah dengan Suplemen penambah daya ingat.
Saat ini banyak sekali suplemen penambah daya ingat yang beredar, namun apakah Anda yakin dengan semua promosi perusahaan-perusahaa pembuat supleman tersebut yang mengklaim dengan produk suplemennya dapat menambah daya ingat Anda? Dalam hal ini, para ilmuwan tidak secara bulat menegaskan tentang hal ini. Sehingga Anda harus mengkaji ulang dengan cara seperti ini, tentunya dengan berkinsultasi dengan dokter Anda.

4. Kendalikan rasa stress yang menyelimuti pikiran Anda.
Setiap orang memiliki tingkat stress yang berbeda. Dan Anda seharusnya dapat mengendalikan stress yang menghinggapi hidup Anda. Stress yang berlebihan, dapat mengganggu daya ingat Anda. Salah satu caranya dengan senantiasa menyikapi berbagai permasalahan yang masuk dalam hidup Anda. Hadapi ia dengan bijak, dan Anda akan terbebas dari stress yang mengganggu pikiran Anda. Sehingga daya ingat Anda tidak akan banyak terpengaruh oleh setiap permasalahan yang muncul.

5. Segera obati depresi Anda.
Jika Anda dalam keadaan depresi, putus asa dan gelisah, maka hal itu akan mempengaruhi daya ingat Anda. Sebaiknya Anda segera mengobati depresi itu dengan cara-cara yang menurut Anda terbaik atau bisa berkonsultasi dengan ahli psikologis.

6. Hendaknya Anda selalu mengawasi obat-obatan yang dikonsumsi.
Menurut keterangan beberapa dokter, ada beberapa jenis obat yang dapat menurunkan daya ingat Anda. Diantara obat-obatan tersebut adalah antidepressant, antihistamin dan berbagai jenis obat darah tinggi. Bila Anda memang sangat membutuhkan obat-obatan tersebut, hendaknya meminta saran dan resep dokter. Jangan lupa untuk menanyakan efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan tersebut.

7. Cobalah dengan melakukan permainan yang berhubungan dengan daya ingat.
Anda bisa mempartajam daya ingat Anda dengan melakukan beberapa permainan seperti catur, scrabble atau lainnya. Dengan permainan yang butuh konsentrasi penuh, akan membuat daya ingat Anda semakin terlatih dan tentunya akan mempertajam daya ingat Anda.

8. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan mengasah kemampuan otak.
Jika Anda merasa daya ingat Anda semakin melemah, Anda dapat mempertajam kembali dengan cara membiasakan diri belajar. Dalam kegiatan belajar ini Anda bisa mengikuti perkuliahan, seminar, kursus bahasa, atau kegiatan belajar lainnya yang sifatnya mengasah otak Anda untuk mempertajam daya ingat Anda. Anda juga bisa melakukan dengan cara-cara sederhana seperti mengingat nomor telepon keluarga, teman atau nomor-nomor penting lainnya. Atau Anda juga bisa mengingat berbagai password yang Anda miliki.

9. Hendaknya Anda berusaha meningkatkan konsentrasi dan memfokuskan pikiran.
Cobalah Anda menyempatkan diri untuk memfokuskan pikiran Anda serta melatih konsentrasi Anda dalam kesendirian. Ingat kembali berbagai peristiwa hidup Anda, berbagai hal yang harus disiapkan baik di rumah, kantor atau sekolahan. Atau bisa juga dengan mengingat berbagai benda yang Anda simpan. Dengan seringnya melatih konsentrasi dan memfokuskan pikiran, tentunya hal ini akan kembali menyegarkan daya ingat Anda.

10. Tumbuhkan rasa optimis dalam diri Anda.
Optimis akan suatu perubahan sangat dibutuhkan dalam upaya mempertajam kembali daya ingat Anda. Dengan rasa optimis ini, akan membuka pikiran Anda untuk membuka ruang dan berusaha keras meningkatkan kembali daya ingat Anda yang lemah.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4152620

10 thoughts on “7 Kebiasaan yang Membuat Kita Cepat Pikun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s